SUARA INDONESIA MOJOKERTO

MD KAHMI Kota Mojokerto Untuk Indonesia Emas 2045

Mohamad Alawi - 12 November 2022 | 19:11 - Dibaca 981 kali
Pemerintahan MD KAHMI Kota Mojokerto Untuk Indonesia Emas 2045
Pelantikan Pengurus dan presidium MD KAHMI Kota Mojokerto di Rumah Rakyat Mojokerto, Jalan Hayam Wuruk No 50, Magersari, Kota Mojokerto, Sabtu (12/11/2022). (Foto: Nurul Anwar/Suaraindonesia.co.id)

MOJOKERTO - Presidium dan pengurus Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Kota Mojokerto periode 2022-2027 ahirnya dilantik.

Pelantikan tersebut dihelat di Rumah Rakyat Mojokerto, Jalan Hayam Wuruk No 50, Magersari, Kota Mojokerto pada Sabtu (12/11/2022).

"Hari ini kami dilantik. MD KAHMI Kota Mojokerto merupakan MD KAHMI pertama," ungkap koordinator presidium MD KAHMI Kota Mojokerto, Rizky Fauzi Pancasilawan.

Pelantikan ini mengusung tema 'kolaborasi nuswantara menuju Indonesia Emas 2045 berbasis kearifan lokal berdaya saing global'.

Menurutnya, dalam buku karangan Irjen.Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M.,M.H., (2021 : x) kata Nuswantara berasal dari kata Nu yang berarti ‘mahluk’ Swa artinya ‘mandiri’, Anta artinya ‘menuju’, dan Ra berarti ‘Tuhan’.

Dengan demikian, Nuswantara dapat diartikan sebagai ‘manusia mandiri menuju fitrahnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan’, yang menempati 'tempat yang dapat dihuni dan terletak di jagad raya', di mana wilayahnya terhampar di seantero alam raya. Antara dunia manusia dan keabadian.

"Membaca basis budaya Nuswantara berarti membaca basis budaya Indonesia. Namun pembacaan ini tidak mungkin dilakukan hanya dengan eksplorasieksplorasi internal. Sekalipun syarat batas geografis ini penting untuk kemudahan dalam analisis," ujarnya.

Meninjau yang lebih luas, yakni konteks globalnya, atau horizone jamannya, ternyata memberikan makna pembacaan tersendiri. Relasi-relasi keterpengaruhan budaya Nuswantara.

Menurutnya, Nuswantara itu manusianya, makhluk yang sudah menuju ma'rifatullah, yang saling berkolaborasi menuju Indonesia Emas 2045.

"Kami yakin, potensi-potensi ini memiliki basis spirit budaya lokal Majapahit namun kualitasnya mengalahkan dunia global," imbuhnya.

Rizky mengatakan, calon anggota MD KAHMI Kota Mojokerto adalah para ma'rifat yang saling kolaborasi dari berbagai keahlian, untuk memajukan Indonesia yang sangat menjaga arif dan budaya Majapahit, sebagai pewaris Gadjah Mada dan leluhur Majapahit untuk menaklukkan dunia.

"Sebagai cita-cita luhur Eyang Gadjah Mada, tapi penaklukkan itu hari ini dimaknai bahwa produk-produk Kota Mojokerto, harus mengglobal, menakhlukkan dunia," terangnya.

Komposisi presidium MD KAHMI Kota Mojokerto berlatar belakang profesi yang beragam. Mulai anggota DPRD, dokter, pengusaha, hingga wartawan senior.

"Menurut saya, ini komposisi yang ciamik. Ada banyak unsur potensi yang Insya Allah menjadi kekuatan MD KAHMI Kota Mojokerto ke depan. Ada politisi, dokter hingga wartawan," ujar Rizky.

Politisi PDIP ini mengungkapkan, MD KAHMI Kota Mojokerto merupakan MD KAHMI Perdana di Kota onde-onde ini.

Menurutnya, pelantikan ini sangat penting dalam upaya menjaga eksistensi sebuah organisasi.

"Ini bagian dari eksistensi kita untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT. KAHMI menjadi sumber ladang manusia yang sudah 19 tahun berdiri, dan banyak berkiprah diberbagai bidang dari pemerintahan, akademisi, partai politik dan pengusaha,” imbuhnya.

Menurutnya, KAHMI merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Bangsa Indonesia. KAHMI juga bertanggung jawab dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

"Oleh karena peran yang sangat strategis tersebut, maka KAHMI senantiasa dituntut untuk berpikir global dalam nuansa dan kerangka analisis yang cerdas, proaktif, partisipatif serta responsif terhadap setiap upaya baik," tandasnya.

sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada MD KAHMI.

“saya ucapkan terimakasih atas terseleggaranya kegiatan ini sebagai komitmen untuk memberikan kontribusi positif guna menyongsong Indonesia emas 2045. Semoga dengan adanya forum ini dapat menjadi forum diskusi yang bermanfaat untuk saling bertukar pikiran untuk meningkatkan potensi daerah dan kemajuan kota Mojokerto,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gaguk juga menjelaskan, Tahun 2045 merupakan momentum bersejarah, karena Indonesia pada saat itu akan genap usia 100 tahun.

"Untuk itulah pemerintah Bersama elemen bangsa untuk saling bahu-membahu dalam generasi umat tersebut," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya