SUARA INDONESIA MOJOKERTO

Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pelajar SMP-SMA di Mojokerto Ikuti Lomba Hias Tumpeng

Gono Dwi Santoso - 13 August 2022 | 23:08 - Dibaca 1.46k kali
Budaya Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pelajar SMP-SMA di Mojokerto Ikuti Lomba Hias Tumpeng
Pembinaan (Foto : Istimewa)

Mojokerto,suaraindonesia.co.id - Menyabut puncak HUT Kemerdekaan RI ke-77, para pelajar SMP dan SMA/Sederajat se-kabupaten Mojokerto mengikuti lomba hias tumpeng yang diinisiasi Nawasena Budaya Nusantara.

Kegiatan ini dilangsungkan di Candi Brahu, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Kamis (11/08/2022).

Dalam perlombaan hias tumpeng itu, diikuti oleh 70 peserta untuk memperebutkan piala Bupati Mojokerto. 

Peserta terdiri dari 40 kelompok pelajar SMP dan 30 kelompok pelajar tingkat SMA sederajat, masing-masing regu terdiri dari 3 orang siswa.

Ditemui saat acara, Bupati Mojokerto, Ikfina mengatakan bahwa Kabupaten Mojokerto terpilih menjadi tempat pertama untuk festival tumpeng nusantara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 sekaligus menyambut KTT G20 di Bali akhir tahun nanti.

“Festival tumpeng nusantara yang diisi dengan lomba menghias tumpeng ini menjadi momentum untuk mengenalkan tumpeng sebagai kebudayaan di bidang kuliner. Sehingga para pelajar memahami makna dan filosofi kuliner tradisional nusantara yaitu tumpeng,” ujarnya.


Menurutnya, tumpeng selalu dibuat masyarakat dalam setiap momen syukuran untuk memperingati hari-hari tertentu, termasuk HUT Kemerdekaan RI. 

“Perlombaan ini sengaja digelar di Candi Brahu untuk memopularkan situs purbakala peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto,” paparnya.

"Tujuan kami lebih kepada penguatan karakter, agar anak-anak merasa bangga bahwa kita memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan menyongsong KTT G20,” imbuhnya.

“Harus ada kebanggaan bahwa negara kita menjadi tuan rumah. Kemudian agar anak-anak lebih mencintai kuliner yang sarat dengan budaya bangsa kita, yaitu tumpeng,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Tumpeng Nusantara, Wulandari Sawitri Candra Wila mengajak para pelajar di Kabupaten Mojokerto untuk melestarikan tumpeng sebagai kebudayaan bangsa di bidang kuliner. 

Selain itu, ia berharap para pelajar di Bumi Majapahit itu bangga karena Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20.

"Tumpeng ciri khas dari nusantara, makanan nusantara yang harus kita kenalkan. Kita sebagai bangsa Indonesia, kita edukasi bersama para pelajar bahwa tumpeng ini masih ada, tumpeng ini mari kita viralkan di setiap kegiatan," jelasnya.

Para pemenang lomba yang menghias tumpeng langsung diumumkan oleh dewan juri.

“Hadiah untuk juara 1 berupa uang Rp 1,25 juta, juara 2 Rp juta, juara 3 Rp 750 ribu, juara harapan masing-masing Rp 500 ribu,” sambungnya.

Pemenang kategori SMP yaitu juara harapan 3 peserta nomor 24 dengan nilai 329, juara harapan 2 peserta nomor 2 dengan nilai 402, juara harapan 1 peserta nomor 4 dengan nilai 403, juara 3 peserta nomor 3 dengan nilai 410, juara 2 peserta nomor 21 dengan nilai 438, sedangkan juara 1 peserta nomor 1 dengan nilai 442.

Pemenang kategori SMA sederajat yaitu juara harapan 3 peserta nomor 20 dengan nilai 403, juara harapan 2 peserta nomor 23 dengan nilai 405, juara harapan 1 peserta nomor 28 dengan nilai 406, juara 3 peserta nomor 1 dengan nilai 407, juara 2 peserta nomor 8 dengan nilai 408, serta juara 1 peserta nomor 21 dengan nilai 409. [dwi/amb]

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya