SUARA INDONESIA MOJOKERTO

Perjuangan Mendaki Bukit Semar Mojokerto Terbayarkan Oleh View Indah

Redaksi - 25 August 2023 | 19:08 - Dibaca 3.73k kali
Hiburan Perjuangan Mendaki Bukit Semar Mojokerto Terbayarkan Oleh View Indah
Pendaki asal Surabaya saat berfoto di Puncak Bukit Semar, Desa Dilem, Kecamatan Gondang, Mojokerto. (Foto: Lukman/Suaraindonesia.co.id)

MOJOKERTO, Suaraindonesia.co.id - Mendaki bisa menjadi salah satu opsi mengisi akhir pekan ceriamu. Pertanyaannya, di gunung mana? Tenang, Suaraindonesia.co.id merekomendasikan bukit yang tidak terlalu tinggi sekali.

Namanya Bukit Semar berlokasi di Desa Dilem, Kecamatan Gondang, Mojokerto yang baru pada 2023 ini resmi dibuka menjadi wisata.

Bagi kalian yang hobi mendaki tentu Bukit Semar patut dicoba, sih. Mungkin saja kalian bosan mendaki ke gunung-gunung tinggi di Jawa Timur. Bukit Semar menunggumu.

Kalian gak bakalan rugi saat berada di puncak, karena Bukit Semar menyuguhkan panorama begitu indah dipandang mata. Sebab, letak bukit ini berada tepat di kawasan Gunung Anjasmoro.

"Takjub sekali. Enggak nyesel mendaki sampai puncak Bukit Semar," kata salah seorang pendaki asal Surabaya, Adi di pincak Bukit Semar, Kamis (24/08/2023).

Cocok Bagi Pendaki Pemula


Bagi pendaki pemula, Bukit Semar salah satu pilihan terbaik untuk menguji ketangkasan mendaki.

Bukit Semar sendiri memiliki ketinggian 933 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Tapi jangan salah. Jalur atau trek pendakian Bukit Semar terbilang menantang.

Untuk bisa sampai ke puncak Bukit Semar membutuhkan estimasi waktu sekitar 3 jam dengan berjalan santai.

Adi mengatakan, dirinya bersama dua temannya sengaja memilih Bukit Semar sebagai tujuan mendaki lantaran penasaran.

"Penasaran karena lihat TikTok kok ada bukit baru dibuka. Akhirnya bareng teman mendaki ke sini (Bukit Semar-red)," jelasnya.

Trek yang Menantang


Meski ketinggian Bukit Semar 933 mdpl, tapi jangan meremehkan, loh. Pendaki asal Surabaya, Firman mengaku kaget dengan trek yang cukup menguji adrenaline.

Ia menuturkan, pendakian ke puncak Bukit Semar sesuai yang disampaikan petugas setempat sekitar 3 jam.

"Awalnya ngira gak bakal selama itu. Setelah mulai mendaki ternyata treknya agak lumayan ekstrem," pungkasnya.

Ia menjelaskan, pendakian menuju pos 1 ke pos 2 cukup lama memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam.

"Untungnya pasokan air terbantu karena ada sumber mata air di pos 1. Pokoknya seru dan menantang," terangnya.

Ia bersama teman-temannya mulai mendaki sekitar pukul 02:30 WIB dan sampai ke puncak Bukit Semar sekitar pukul 05:30 WIB.

"Perjuangan terbayarkan oleh view yang luar biasa indah sampai di puncak. Kita bisa menikmati gunung-gunung di kawasan Anjasmoro," bebernya.

Diketahui, untuk mendaki ke Bukit Semar kalian cukup mengeluarkan uang senilai Rp 7 ribu ditambah biaya parkir Rp 10 ribu. Jangan ragu mendaki ke Bukit Semar. Selamat mendaki dan selalu hati-hati.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya